Profil Kivlan Zen yang Didakwa Kasus 4 Senpi Ilegal

Profil Kivlan Zen yang Didakwa Kasus 4 Senpi Ilegal

Oleh : Puti Yasmin - detikNews
11 September 2019 19:50
news.detik.com

Jakarta - Purnawirawan TNI Kivlan Zen didakwa kasus kepemilikan 4 senjata api (senpi) ilegal dan peluru tajam. Nah, siapa sebenarnya Kivlan Zen? Ini fakta-faktanya.

Pembelian senpi dan peluru tajam tersebut dilakukan dengan bantuan sejumlah orang tanpa dilengkapi surat. Kivlan Zen pun didakwa dengan pasal 1 ayat (1) UU Nomor 12/drt/1951 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atau pasal 1 ayat (1) UU Nomor 12/drt/1951 jo pasal 56 ayat (1) KUHP.



Berikut fakta-fakta Kivlan Zen yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Masa Kecil

Kivlan Zen lahir di kota Langsa, Aceh pada 24 Desember 1946. Walaupun begitu, keluarganya merupakan perantau yang berasal dari Minangkabau.

2. Sekolah Kedokteran

Sebelum dikenal di dunia militer, Kivlan Zen sempat menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utara. Bahkan, ia juga sempat tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Medan.

3. Masuk Militer

Sebelum sempat menyelesaikan pendidikannya, Kivlan Zen ternyata masuk pendidikan di Akmil Magelang. Suami dari Dwitularsih ini pun lulus pada tahun 1971 dan langsung mengabdi di Kesatuan Infenteri, Kostard, Angkatan Darat.



4. Berseteru dengan Wiranto

Ketika masih sebagai anggota militer, Kivlan Zen dan Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pernah terlibat perseteruan, seperti masalah dana Pam Swakarsa. Alhasil, Kivlan Zen mengaku harus merogoh kocek pribadi sebesar Rp 6 miliar.

5. Kepemilikan 4 Senpi Ilegal

Kivlan Zen baru-baru ini menjadi pembicaraaan karena kasus kepemilikan 4 senjata api ilegal. Bahkan, ia juga disebut menbiayai seseorang untuk memata-matai Wiranto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
(pay/nwy)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account