BPR Ditutup OJK, LPS Dihukum Balikin Duit Nasabah Ruly Heru Rp 2,3 Miliar

BPR Ditutup OJK, LPS Dihukum Balikin Duit Nasabah Ruly Heru Rp 2,3 Miliar

Oleh : Andi Saputra - detikNews
11 September 2019 15:38
news.detik.com

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menutup BPR Citra Makmur Lestari. Sebagai gantinya, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) diminta mengembalikan uang nasabah Ruly Heru Prasetyo yang disimpan di BPR Citra Makmur Lestari.

Kasus bermula saat Ruly menempatkan uangnya di BPR Citra Makmur Lestari sebesar Rp 3 miliar pada Desember 2014. Kala itu, bunga deposito yang ditawarkan sebesar 10 persen.

Belakangan, OJK menutup BPR Citra Makmur Lestari pada 2015. Ruly kaget dan meminta uangnya yang disimpan di BPR Citra Makmur Lestari dikembalikan.


Karena tidak ada kabar yang memuaskan, Ruly akhirnya menggugat LPS. Pada 24 Oktober 2017, PN Jaksel mengabulkan gugatan Ruly. PN Jaksel menghukum LPS memberikan sejumlah uang Rp 2,3 miliar. Yaitu deposito sebesar Rp 2 miliar dan sisanya adalah bunga.

Putusan itu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Jakarta pada 25 Juni 2018. LPS tidak terima dan mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Menolak permohonan kasasi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," demikian lansir website MA, Rabu (11/9/2019).


Duduk sabagai ketua majelis Yakup Ginting dengan anggota Ibrahim dan Yunus Wahab. Ketiganya menyatakan fungsi LPS adalah menjamin simpanan nasabah. Sehingga perbuatan LPS tidak membayar deposito penggugat dikarenakan bunga deposito melebihi ketentuan, adalah perbuahan melawan hukum.

"LPS harus dihukum membayar deposito penggugat dan bunga 10 persen sebagaimana yang telah ditetapkan oleh tergugat," ujar majelis.
(asp/aan)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account