Patung Jenderal Soedirman Bakal Diboyong ke Gunungkidul

Patung Jenderal Soedirman Bakal Diboyong ke Gunungkidul

Oleh : redaksi
11 September 2019 08:36
gunungkidul.sorot.co

Wonosari, (gunungkidul.sorot.co)--Patung Pahlawan Nasional Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berada di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta akan dipindahkan ke wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Letkol. Inf. Noppy Laksana Armiyanto, S.H. mengatakan, wacana pemindahan patung Panglima Besar Jenderal Soedirman disampaikan oleh Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto beberapa waktu lalu.

Kabupaten Gunungkidul dianggap merupakan wilayah yang bersejarah tentang perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. 

Menanggapi hal tersebut, Letkol. Inf. Noppy Laksana Armiyanto telah berkoordinasi dengan Pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul untuk menyeleksi beberapa tempat yang mimiliki nilai sejarah. Lokasi tersebut kedepan akan dijadikan untuk penempatan patung Jenderal Soedirman.

"Untuk waktu pemindahan belum tahu. Saat ini tahapannya baru pemilihan lokasi yang mempunyai nilai sejarah, itu pun akan melalui proses uji bersama beberapa pihak," jelasnya.

Ada beberapa tempat di wilayah Gunungkidul yang rencananya akan dijadikan tempat patung Jenderal Soedirman yakni Kecamatan Paliyan, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, serta Bedoyo, Kecamatan Ponjong. Bersama Dinas Kebudayaan pihaknya akan melakukan pengkajian dan memilih satu tempat yang cocok. 

"Dalam waktu dekat kami akan mengundang penulis buku sejarah dan juga ada banyak pihak nanti juga akan dihadirkan untuh berdialog tentang hal ini," tutup Dandim. (hartanto) 

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account