Tunggakan PBB Capai Rp 4,7 Miliar, Sejumlah Kecamatan Kota Belum Lunas

Tunggakan PBB Capai Rp 4,7 Miliar, Sejumlah Kecamatan Kota Belum Lunas

Oleh : r1
11 September 2019 02:37
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Kabupaten Gunungkidul hingga pertengahan bulan September 2019 ini masih belum mencapai target. Dari 18 kecamatan yang ada, beberapa kecamatan yang berada di wilayah perkotaan justru banyak yang menunggak.

Kepala Bidang Penagihan, Pelayanan dan Pengendalian, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul, Suprihatin mengatakan, sebanyak 5 kecamatan yang belum melunasi pembayaran PBB yakni Kecamatan Wonosari, Playen, Karangmojo, Ponjong dan Semanu.

"Lima kecamatan itu punya tunggakan paling tinggi diantara kecamatan yang lain. Rata-rata masih kurang 50 sampai 60 persen tunggakannya," katanya, Selasa (10/9/2019).

Sementara untuk kecamatan yang sudah lunas yakni hanya Kecamatan Purwosari. Sedangkan kecamatan yang lain meskipun memiliki tunggakan, namun hanya dalam jumlah kecil. 

Seperti diketahui sebelumnya target capaian PBB tahun 2019 ini sebesar Rp 20,5 miliar dan hingga pertengahan September 2019 baru masuk mencapai Rp 15,8 miliar. Dengan demikian jumlah tunggakan PBB sampai saat ini masih ada Rp 4,7 miliar.

Untuk target tahun 2019 ini memang masih kurang banyak, akan tetapi diperkirakan sampai akhir jatuh tempo September ini nanti akan terus bertambah,” jelasnya.

Ia menambahkan, banyaknya tunggakan pembayaran PBB di setiap kecamatan karena pemilik tanah tidak berada di wilayah setempat. Selain itu, kesadaran masyarakat soal pembayaran pajak juga masih rendah. Belum lagi banyak tanah atau bangunan yang sudah dijual namun sampai sekarang belum dibalik nama.

Masyarakat yang hingga akhir bulan September mendatang belum membayar PBB masih bisa membayar pada bulan-bulan berikutnya. Hanya saja pemerintah telah menetapkan sanksi berupa denda sebesar 2 % dari ketetapan pajak dan akan berlipat ganda setiap bulannya. (najibi)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account