Berkelakuan Baik, 45 Warga Binaan Rutan Wonosari Dapat Remisi

Berkelakuan Baik, 45 Warga Binaan Rutan Wonosari Dapat Remisi

Oleh : hafied
18 Agustus 2019 00:18
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Sebanyak 45 warga binaan di Rutan Klas II B Wonosari menerima remisi umum 17 Agustus 2019 yang ditetapkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Secara simbolis surat remisi diserahkan oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi kepada perwakilan warga binaan pada rangkaian upacara peringatan kemerdekaan ke-74 di Rutan Klas II B Wonosari, Sabtu (17/08/2019).

Kepala Rutan Klas II B Wonosari, Suherdi mengatakan dari jumlah warga binaan yang mendapat remisi umum I, melihat berdasarkan syarat dan prosedur berlaku yang nantinya akan menentukan masa potongan.

"Dari semua itu memang sudah kita ajukan sebelumnya ke Kemenkumham yang sudah minimal menjalani 6 bulan masa pidananya," kata Suherdi.

Selain persyaratan tersebut, berbagai pertimbangan sebelum narapidana telah diusulkan mendapat remisi seperti sudah ditetapkan menjadi narapidana, sudah dieksekusi serta berperilaku baik dengan dibuktikan register pelanggaran hukum dan disiplin nihil. 

"Remisi ini suatu apresiasi dan penghargaan dari Presiden kepada setiap narapidana yang berperilaku baik selama menjalankan pidananya, sehingga dapat dikurangi masa hukumannya," tandasnya.

Ia berharap mereka yang mendapatkan remisi agar segera berkumpul dengan sanak keluarga untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi dan dapat kembali berbaur dengan masyadakat.

Suherdi menyebutkan diantara 45 warga binaan itu, yang mendapatkan remisi umum 1 bulan sebanyak 30 orang, 2 bulan 4 orang, 3 bulan 2 orang, 4 bulan 3 orang, 5 bulan 5 orang dan 6 bulan 1 orang. Sedangkan yang dinyatakan langsung bebas tidak ada.

Adapun warga binaan yang memperoleh remisi mulai dari kasus kesusilaan, pembunuhan, pencurian, perlindungan anak, penggelapan hingga psikotropika.

Sementara itu, ditempat yang sama juga dilakukan pemberian remisi kepada 9 Anak Didik Lapas (Andikpas) dari berbagai kasus yang berbeda.

"Hari ini kita terima remisi 9 andikpas dengan pengurangan masa tahanan satu bulan, 5 diantaranya kasus pencurian dan 4 kasus perkelahian," tutur Teguh Suroso, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Wonosari.

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account