Sederet Artis Sukses Ramaikan Geopark Night Specta

Sederet Artis Sukses Ramaikan Geopark Night Specta

Oleh : hafied
20 Juli 2019 08:42
gunungkidul.sorot.co

Patuk,(gunungkidul.sorot.co)--Pada tahun keempat penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark, Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul sukses menggelar konser musik bertajuk Geopark Night Specta 4.0.

Terlihat kursi penonton panggung terbuka di Gunung Api Purba Nglanggeran penuh sesak, bahkan sebagian penonton harus rela duduk di muka dan tepi panggung.

Pada kesempatan itu konser musik dipilih dengan anggapan sebagai bahasa paling universal untuk menyampaikan maksud dalam mempertahankan konsep perlindungan, pendidikan, serta pembangunan berkelanjutan.

Konser musik yang menampilkan artis ternama seperti Erix Soekamti, Nufi Wardana, Gaseng Om Wawes dan Nanda Candra dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY yang pada kesempatan tersebut diwakilkan Sri Paduka Paku Alam X Wakil Gubernur DIY.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X menyambut baik Geopark Night Specta 4.0 dalam rangka mengaktualisasikan momentum penobatan pemberian status Geopark Gunung Sewu oleh UNESCO sebagai warisan dunia dan masuk Global Geopark Network.

"Bagi DIY yang dikenal sebagai kota pariwisata, budaya dan pendidikan atribut itu sesungguhnya secara riil menyiratkan keunggulan kompetitif kita dalam pembangunan daerah," tuturnya, Sabtu (20/07/2019).

Dalam kaitan itu Sri Sultan HB X menggarisbawahi bahwa sumber daya manusia, sumber daya budaya, sumber daya pariwisata menjadi komponen unggulan pembangunan ekonomi di DIY, untuk itu pihaknya senantiasa mendukung kelompok masyarakat dalam kegiatan yang berbasis kebudayaan, kesenian dan promisi pariwisata. 

Sementara itu, General Manager Gunung Sewu, Budi Martono menerangkan kawasan Gunung Sewu terdiri dari sekitar 40 ribu bukit karst berbentuk conical hills dengan panjang kawasan mencapai 85 kilometer membentang di tiga Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Keadaan itulah yang membuat Gunung Sewu memiliki nilai tersendiri.

"Ini adalah Geopark yang terunik tidak hanya di Indonesia tapi di dunia, karena dikelola dalam tiga kawasan, tiga Provinsi dan tiga Kabupaten," terangnya

Ia menambahkan gelaran musik malam itu sengaja menyisipkan hastag 4.0 pada tema, dengan maksud sebagai langkah sosialisasi atau pengenalan Geopark Gunung Sewu yang menyasar ke generasi muda. Selain itu dalam pemilihan artis juga menyasar kepada artis yang dirasa memiliki pengikut tebanyak di dunia maya.

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account