Penuh Canda Tawa, Muda - Mudi Karangtaruna Disuluh Soal Menstruasi

Penuh Canda Tawa, Muda - Mudi Karangtaruna Disuluh Soal Menstruasi

Oleh : redaksi
20 Juli 2019 00:11
gunungkidul.sorot.co

Wonosari, (gunungkidul.sorot.co)--Sebanyak puluhan muda-mudi Padukuhan Karangduwet 1, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari mengikuti pembinaan kesehatan reproduksi oleh sebuah lembaga kemitraan Australia dengan Indonesia di balai padukuhan setempat, Jumat (19/07/2019) malam.

Suasana tampak gayeng dan penuh canda tawa saat sebagian remaja curhat dengan tema menstruasi. Usai disampaikan materi secara singkat, dialog interaktif pun terjadi dengan menghadirkan narasumber utama petugas kesehatan, Dina dari Puskesmas Wonosari 1.

"Jaman dulu menstruasi itu sesuatu yang dianggap tabu, tapi sekarang sudah tidak lagi. Dulu kalau ada perempuan sedang mens itu dijauhi, karena memang belum ada pembekalan dari keluarga. Apa dan kenapa bisa mens, nggak tahu. Tahunya cuma kok keluar darah," kata Dina.

Mendengar ilmu pengetahuan seputar menstruasi mulai dari A sampai Z, para peserta pun tampak antusias menyimak dengan seksama. Bahkan beberapa muda-mudi yang berani menyampaikan pengalaman dan pertanyaan juga mendapat doorprize menarik dari panitia penyelenggara, Uma Tri Kusumawati dan Bambang Wicaksono. 

Sementara itu Ketua Karangtaruna Sub Unit Padukuhan Karangduwet 1, Tri Yuliantoro menyambut baik adanya penyuluhan yang dilakukan oleh petugas kesehatan kala itu. Ia menilai bahwa informasi tersebut sangat berharga dan positif terhadap peningkatan pengetahuan remaja, terlebih hal itu menyangkut kesehatan reproduksi.

"Sengaja kita undang, kita kumpulkan remaja. Selesai acara penyuluhan, sekalian juga kita nyicil rembugan soal rencana kegiatan 17 Agustusan," kata Yuli yang juga blantik sapi kondang di Karangrejek.

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account