Jelang Idul Adha, Hewan Ternak Mulai Divaksinasi

Jelang Idul Adha, Hewan Ternak Mulai Divaksinasi

Oleh : gunungkidulpost
11 Juli 2019 19:40
gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, memastikan seluruh hewan ternak yang berada di wilayah endemik antraks selesai divaksin menjelang hari raya Idul Adha pada 11 Agustus mendatang.

Dinas memastikan jika selesai divaksin maka hewan ternak bisa keluar dari Gunungkidul.

“Saat ini sudah akan selesai vaksinnya. Saat ini prosesnya terus berjalan,” kata Kepala DPP Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Dijelaskannya, saat ini sudah ribuan ekor yang dilakukan vaksinasi. Adapun rinciannya sapi sebanyak 633 ekor, dan kambing 1423 ekor. Mereka berada di zona merah dan kuning. Adapun untuk zona merah yakni Dusun Grogol 1,II,III,IV,V di Desa Bejiharjo, Karangmojo, hingga wilayah Wonosari yang berbatasan Grogol IV, yakni Dusun Tawarsari di Desa Wonosari dan Dusun Kajar III di Desa Karangtengah.

Untuk zona kuning, yakni di Padukuhan Grogol II, Gunungsari, Banyubening I, Banyubening II, Kulwo Desa Bejiharjo. Kedung I, Kedung II, Desa Karang Tengah, Budegan I, Budegan II, Desa Piyamam dan Selang II, Desa Selang.

“Setelah dilakukan vaksinasi ditunggu beberapa hari,” ucapnya.

Vaksin untuk pencegahan antraks akan diberikan secara berkala selama sepuluh tahun. Setiap tahunnya, hewan ternak ini akan diberikan vaksin sebanyak dua kali.

“Ya nanti kalau sudah selesai vaksin boleh keluar (dijual), tidak menunggu sepuluh tahun. Tetapi setelah divaksin harus ditunggu beberapa hari dulu,” ucapnya.

Bambang mengatakan, pemberian vaksin ini menimbulkan beberapa resiko diantaranya sampai mati. Selain vaksinasi, menjelang idul adha akan dilakukan sosialisasi kepada takmir masjid dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Harapannya setelah dilakukan sosialisasi maka mereka paham tentang penyakit antraks.

“Sosialisasi ini penting untuk mengetahui tentang penyakit antraks,” tutupnya. (red)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account