Cegah Teroris, RI-Malaysia-Filipina akan Latihan Militer Bersama di Tarakan

Cegah Teroris, RI-Malaysia-Filipina akan Latihan Militer Bersama di Tarakan

Oleh : Arief Ikhsanudin - detikNews
12 Juni 2019 19:14
news.detik.com

Jakarta - Indonesia akan mengadakan latihan militer bersama Malaysia dan Filipina di Tarakan, Kalimantan Utara. Latihan militer ini digelar untuk mencegah aksi terorisme terjadi di tiga negara tersebut.

"Semenjak latihan bersama di laut itu kan sudah tak ada lagi perompakan-perompakan di laut yang dilakukan oleh teroris-teroris. Waktu itu pernah ada (perompakan), sekali waktu itu. Nah, laut, udara sudah (latihan), tinggal darat sekarang," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, kepada wartawan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (12/6/2019).




Ryamizard menyebut anggota teroris yang diwaspadai adalah mereka yang baru pulang dari Timur Tengah. Karena itulah, sebut Ryamizard, latihan militer bersama digelar.

"Jadi begini ya, itu yang namanya generasi ketiga berkembang itu pejuang-pejuang yang pulang dari Timur Tengah itu kan. Jadi kita akan menghadapi itu nanti. Karena tempatnya (mereka) antara Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Jadi memang kita sudah persiapkan latihan bersama nanti di Tarakan," terang Ryamizard.

Menurut Ryamizard, ada sekitar 200 orang Indonesia yang diduga teroris pulang dari Suriah. Namun, banyak juga orang Indonesia yang melakukan latihan dan aksi terorisme di Filipina.




"Sekitar 200-an. Tapi yang saya tanya di Filipina itu cukup banyak orang Indonesia-nya. Kenapa terorisnya bisa enak bergabung di sana? Karena ada pemberontak Islam. Jadi masuk ke sana aman dia, kita ikut-ikut aman juga," kata Ryamizard.

Ryamizard menyebut Malaysia hanya sebagai jalur dari para teroris. Sementara Indonesia dan Filipina, merupakan tempat teroris tersebut.

"Karena tempatnya antara Filipina dengan Indonesia, dan Malaysia itu tidak terlalu banyak sih hanya lewat-lewat saja, yang paling dekat ya Indonesia dengan Filipina, kalau ada apa-apa kita siap gitu," ujar Ryamizard.
(aik/zak)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account