Akan Ada 4 Pasang Bakal Calon Yang Berminat Maju Dalam Pilkada Tahun 2020

Akan Ada 4 Pasang Bakal Calon Yang Berminat Maju Dalam Pilkada Tahun 2020

Oleh : Arista Putri
18 Februari 2020 11:34
pidjar.com

Wonosari,(pidjar.com)–Mendekati tahapan penyerahan berkas bagi bakal calon bakal calon kepala daerah independen baru satu pasangan yang telah mengunci persyaratan pada sistem informasi pencalonan. Sebenarnya dalam mengambil surat kuasa beberapa waktu lalu, ada 4 pasang bakal calon yang berminat maju dalam pilkada tahun 2020, namun sampai sekarang baru ada satu calon yang mengunci berkas.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan pesta demokrasi tingkat daerah kali ini agaknya sangat diminati oleh putra daerah maupun tokoh dari luar daerah. Untuk bakal calon yang minat bertarung melalui jalur independen sendiri ada 4 pasangan.

Meski begitu, jelang penyerahan berkas yang akan dimulai Rabu (19/02) sampai dengab Minggu (23/02) mendatang baru ada satu yang mengunci data dukungan di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan. Pasangan yang memantapkan diri mengunci data yakni Anton Supriyadi (politisi asal partai NasDem) dengan Suparno (ASN aktif di Pemkab Gunungkidul).

“Untuk yang tiga pasangan lainnya sementata belum  mungkin masih proses upload data dukungan,”kata Andang, Selasa (18/02/2020).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pasangan Anton Supriyadi-Suparno ini telah mengunci data di Silon mereka lantas datanya bisa terlihat. Secara jumlah data yang dimasukkan, ada 50.000 dukungan e-KTP yang sudah masuk.

Berita Lainnya  DIY Dapat Jatah 30 Ton Bawang Impor, Tak Ada Kuota Khusus Untuk Gunungkidul

Menurutnya, dari keempat pasangan yang minat bertarung dari jalur independen belum pasti lolos. Pasalnya ada sejumlah tahapan yang harus dilalui, salah satunya mengumpulkah 45.443 dukungan e-KTP dari warga di 10 kecamatan. Proses inilah yang nantinya akan menentukan siapa yang telah memenuhi kuota persyaratan.

“Penyerahan berkas nanti kan dilaksanakan tanggal 19-23, bisa terlihat yang memenuhi persyaratan pasangan siapa saja,”tambahnya.

Disinggung mengenai persiapan yang dilakukan oleh KPU ia memaparkan jika dari petugas senditi telah hlmulai mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari tempat bahkan sampai ke tim penerima berkas syarat dukungan telah dipersiapkan.

Sementara itu, Anton Supriyadu saat dikonfirmasi membenarkan jika firinya telah menyelesaikan input data pada aplikasi Silon. Adapun selama proses penjaringan data ini, ia berhadil mengumpulkan dukungan sebanyak 51.340 jiwa.

Berita Lainnya  Bayi Kembar Dempet Banjir Perhatian, Wakil Bupati Akan Kunjungi Langsung Ajak Kepala Dinas

“Ini barj langkah awal, ada tahapan yang harus dilalu lagi. Tentunya kami sangat berantudias, mudah-mudahan lancar sampai penetapan calon dari jalur independen,” ujar anton.

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account