Sumringah, Ratusan Warga Temon Dapatkan Puluhan Tangki Air dari Anggota DPR

Sumringah, Ratusan Warga Temon Dapatkan Puluhan Tangki Air dari Anggota DPR

Oleh : redaksi
15 Oktober 2019 17:33
gunungkidul.sorot.co

Purwosari,(gunungkidul.sorot.co)--Wajah ceria terpancar dari ratusan warga Padukuhan Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, saat mendapatkan bantuan air bersih dari Forum Ormas Hasta Karya DIY dan anggota DPR RI, Gandung Pardiman pada Selasa (15/10/2019) siang.

Sejak musim kemarau tiba, sebanyak 127 Kepala Keluarga (KK) di tempat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu warga RT 03 Padukuhan Temon, Suroto mengaku, kondisi kekeringan saat musim kemarau sudah berlangsung turun temurun sejak puluhan tahun silam. Sejauh ini warga memenuhi kebutuhan air bersih dengan membeli dari air tangki swasta dan bantuan baik dari pemerintah maupun dari donatur lainnya.

Dengan begitu dengan adanya bantuan droping air bersih ini warga merasa sangat terbantu karena dapat meringankan beban untuk membeli air bersih.

Senang sekali, karena uang yang seharusnya digunakan untuk beli air bisa digunakan untuk keperluan lainnya,” kata Suroto di sela penyaluran air bersih yang dipusatkan di Balai Kampung Temon.

Dikatakan, sekali pembelian air bersih 5.000 liter dapat digunakan selama dua pekan hingga satu bulan tergantung jumlah keluarga. Warga menggunakan air untuk kebutuhan memasak, mandi, cuci dan minum ternak. 

Saat musim kemarau seperti sekarang, tidak ada sumber air di wilayah ini. Sedangkan saat musim hujan tiba, warga memanfaatkan air hujan dengan cara membuat tampungan tadah hujan.

Sementara itu Camat Purwosari, Purwono mengajak warga Temon untuk bersyukur atas bantuan yang telah diberikan dalam kegiatan Bakti Sosial Pemberian Bantuan Air Bersih. Ia mengapresiasi kepada pihak pemberi bantuan karena dampak musim kemarau panjang tahun ini sangat dirasakan oleh warga. Pihak pemerintah kecamatan sendiri telah mengalokasikan bantuan air bersih sebanyak 380 tangki dan tambahan 50 tangki untuk warga di Kecamatan Purwosari.

Tahun anggaran ini didanai 380 tangki untuk kebutuhan sampai September. Tetapi Oktober belum hujan sehingga ada tambahan lagi 50 tangki yang dipercayakan kepada Kecamatan, Insha Allah Temon juga kebagian,” tandasnya.

Gandung Pardiman pada kesempatan itu mengungkapkan, air bersih yang dibagikan di wilayah DIY sebanyak 1.200 tangki. Tidak tertutup kemungkinan jumlahnya akan ditambah guna memenuhi permintaan masyarakat terdampak kekeringan. Untuk warga Temon, akan didistribusikan sebanyak 10 tangki pada tahap pertama dan 10 tangki tahap kedua.

Kegiatan bakti sosial pemberian bantuan air bersih juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa syukur dalam rangka memperingati HUT Partai Golkar ke-55 yang jatuh pada tanggal 20 Oktober 2019,” ungkap Gandung yang juga Ketua Forum Ormas Hasta Karya DIY.

Ormas Hasta Karya yang terdiri dari 3 Ormas Pendiri (Ormas MKGR, KOSGORO 1957, SOKSI) dan 5 Ormas yang didirikan oleh Partai GOLKAR (HWK, AMPI, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI).

Sebagai bagian dari masyarakat, Ormas Hasta Karya merasa ikut bertanggung jawab untuk melaksanakan program dan kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain air bersih juga diberikan jerigen dan drum untuk bak penampungan air. (Purwanto)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account