Terkenal Karena Wisata, Desa Ini Jadi Langganan Studi Banding

Terkenal Karena Wisata, Desa Ini Jadi Langganan Studi Banding

Oleh : r1
15 Oktober 2019 17:15
gunungkidul.sorot.co

Playen,(gunungkidul.sorot.co)--Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan ini Desa Bleberan, Kecamatan Playen kedatangan kunjungan beberapa kali dari berbagai perwakilan pemerintah daerah.

Contohnya pada hari Senin (15/10/2019) kali ini, sudah ada dua rombongan perwakilan pemerintah daerah yang berkunjung yaitu Desa Langkap, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga dan Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kedua rombongan perwakilan daerah ini melakukan studi banding ke Desa Bleberan untuk mempelajari cara pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan obyek wisata yang dikelola Desa Bleberan.

Menurut Kepala Desa Bleberan, Suprapto, desanya dipilih menjadi obyek studi banding karena mampu merintis BUMDes dan obyek wisata dari nol. Lebih parah lagi, Bleberan dulu bahkan dikenal terkendala soal Pendapatan Asli Desa (PAD), air bersih, dan rentenir.

"Nah, bagaimana kami mengatasi masalah-masalah itu kemudian mereka ingin meniru. Awalnya seperti apa, perjalanannya seperti apa," ujar Suprapto.

Sementara itu Tri Harjono, selaku pemateri sekaligus Ketua Unit Wisata BUMDes Bleberan menyampaikan bahwa materi yang disampaikan adalah seputar sistem, langkah-langkah pengelolaan, dan motivasi. 

"Banyak desa yang menghakimi dirinya sendiri tidak punya potensi atau punya potensi langkahnya seperti apa?" tutur Tri yang juga mantan Kepala Desa Bleberan periode 1996 - 2013.

Sebelumnya pada bulan yang sama, Desa Bleberan juga telah menerima kunjungan dari perwakilan daerah dari Kecamatan Sipora dan Siberut, Kabupaten Mentawai, Kabupaten Bangkalan. Tak hanya itu Desa Bleberan juga dapat kunjungan dari Magelang dan Nganjuk.

Untuk diketahui pada 2017 Desa Bleberan menjadi salah satu desa wisata terbaik pilihan Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI. (astuti)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account